Remaja Ini Tidak Boleh Tidur Selama 4 Hari Akibat Kesalahan Pemakaian Lensa Kontak

Seorang remaja berusia 19 tahun, Jessica Greaney, terbiasa memakai lensa kontak setiap harinya. Suatu hari dia merasa ada sesuatu yang salah di matanya. Awalnya dia pikir hanya sakit mata biasa. Matanya terasa sakit dan kelopak mata nya terus melorot. "Tapi, pada akhir pekan ini, mata saya melotot, dan terlihat  merah membengkak sebesar bola golf," kata Greaney. "Mataku bengkak, dan sangat menyakitkan, dan mereka membawa saya ke rumah sakit."



Dia tidak mengetahui kalau di matanya terdapat sebuah parasit berkembang, Acanthamoeba, tinggal di dalam bola mata nya. Jika tidak diobati, parasit ini dapat menyebabkan kebutaan. Untuk mendiagnosa masalah, dokter harus menyayat sebagian kecil jaringan matanya dengan pisau bedah.

Selama empat hari ke depan, Greaney harus tetap terjaga untuk pengobatan dan menempatkan tetes mata di matanya setiap tiga puluh menit. Dia mengomentari pengalaman mengerikan nya. "Empat malam tidak bisa tidur itu seperti sebuah penyiksaan. Ini benar-benar menyedihkan dan sulit untuk dilupakan.." Jessica ingat ketika dia sedang kelelahan, kehilangan nafsu makan dan, sebagai hasilnya, sistem kekebalan tubuhnya turun drastis.



"Meskipun sulit, itu harus saya lakukan karena lebih baik tidak tidur selama 4 hari daripada harus kehilangan penglihatan untuk selama-lamanya.

Bagaimana mata Greaney bisa terkena parasit? ternyata melalui lensa kontak yang dia pakai. Tapi jangan salah paham tentang lensa kontak. Parasit dapat menempel di lensa kontak yang tidak dibersihkan dengan benar. Parasit hidup di air dan siapa saja bisa terinfeksi olehnya. Namun memang orang yang sering memakai lensa kontak lebih beresiko untuk terkena parasit yang menyerang mata. Jika Anda mandi atau berenang dengan menggunakan lensa Anda, Anda bisa menjebak parasit di dalam bola mata Anda dan air mata sebagai anti kuman alami tidak bisa mengeluarkannya.

"Saya sangat berhati-hati dengan lensa saya, malahan saya benar-benar cukup dikenal oleh teman-teman saya sebagai orang yang sangat menjaga kebersihan, lebih bersih dari mereka, tapi yang menjadi kesalahan adalah saya suka mencuci lensa kontak saya di washtafel," Greaney menjelaskan.

Untungnya, Jessica sudah mulai pulih, tapi semuanya melalui proses yang tidak mudah. Dia masih perlu untuk menempatkan 20 tetes mata di matanya setiap hari. "Yang tampaknya seperti banyak tapi itu jauh lebih sedikit daripada pengobatan di awal saya sakit."

Cerita telah berakhir menguntungkan untuk Jessica, meskipun telah banyak melalui malam tanpa tidur dan banyak rasa sakit. Namun, tidak semua orang seberuntung ini,  beberapa penderita harus memiliki transplantasi kornea untuk mengembalikan penglihatan mereka dan sebagian orang buta sama sekali.



Pesan dari cerita ini adalah untuk selalu waspada menjaga lensa kontak anda tetap bersih. Bahkan, meninggalkan lensa Anda di sebelah wastafel saja dapat menempatkan Anda pada risiko tertular parasit. Pembersih lensa kontak yang tepat dapat dengan mudah membunuh Acanthamoeba dan jangan pernah menggunakan air keran untuk membersihkan lensa kontak Anda.

0 Response to "Remaja Ini Tidak Boleh Tidur Selama 4 Hari Akibat Kesalahan Pemakaian Lensa Kontak"

Post a Comment

Popular Posts